Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tubagus Mohamad Akhriza Evy Sophia Weda Adistianaya Dewa

Abstrak

IAII-Jatim telah menyelenggarakan kegiatan asistensi branding usaha berbasis platform digital, bagi UMKM di Malang Raya. Materi yang diberikan adalah konsep dan desain logo, kemasan dan ad copy yang merupakan elemen dari sebuah merek. Evaluasi hasil asistensi sudah dilaksanakan, dan laporan mengenai kegiatan ini dan hasil evaluasi disajikan di dalam artikel ini. Salah satu metode evaluasi yang diterapkan adalah klasterisasi unit usaha dan responsnya terhadap materi dan kegiatan asitensi ini. Menggunakan metode K-means diperoleh empat klaster yang menjelaskan bahwa ada sebagian unit usaha yang tidak mau menggunakan platform digital untuk branding, beberapa unit yang sudah menggunakan beberapa media sosial untuk branding namun tidak mau menerapkan desain elemen branding yang diusulkan, sedangkan unit lainnya mau menerapkan desain yang diusulkan di platform digital yang sudah mereka gunakan selama ini.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] C. Novia, I. Santoso, S. Soemarno, and R. Astuti, “The strategy for improving the competitiveness of SMEs apple chips in Malang Raya by using the concept of the house model,” Food Res., vol. 4, no. 5, 2020, doi: 10.26656/fr.2017.4(5).207.
[2] A. S. Pranata, U. D. Rosiani, and M. Mentari, “Sistem Pengambil Keputusan Rekomendasi Lokasi Wisata Malang Raya Dengan Metode MOORA,” POSITIF J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31961/positif.v7i1.1091.
[3] MCI, “Pendampingan Branding Usaha: CAMELIA.” Mercy Corps Indonesia, 2021.
[4] A. S. Hands, “Integrating quantitative and qualitative data in mixed methods research: An illustration,” Can. J. Inf. Libr. Sci., vol. 45, no. 1, 2022, doi: 10.5206/cjilsrcsib.v45i1.10645.
[5] A. Bryman, “Social Research Methods (4th Edition) by Alan Bryman,” Abhigyan VO - 32, no. 4, 2015.
[6] K. L. Keller, “Understanding brands, branding and brand equity,” Interact. Mark., vol. 5, no. 1, pp. 7–20, Jul. 2003, doi: 10.1057/palgrave.im.4340213.
[7] DJKI, “Pengenalan Merek,” 2022. https://www.dgip.go.id/menu-utama/merek/pengenalan (accessed Sep. 01, 2022).
[8] J. E. Schroeder, “Brands and Branding,” SSRN Electron. J., Nov. 2013, doi: 10.2139/ssrn.2352294.
[9] K. L. Keller and D. R. Lehmann, “Brands and branding: Research findings and future priorities,” Mark. Sci., vol. 25, no. 6, pp. 740–759, Nov. 2006, doi: 10.1287/mksc.1050.0153.
[10] Metaverse, “The Ad Copy Cheat Sheet,” 2015. https://www.facebook.com/business/news/ad-copy-cheat-sheet (accessed Sep. 01, 2022).
[11] F. Marisa, S. Shakinah Syed Ahmad, Z. Izzah Mohd Yusof, and T. Mohammad Akhriza, “Segmentation Model of Customer Lifetime Value in Small and Medium Enterprise (SMEs) using K-Means Clustering and LRFM Model,” Int. J. Integr. Eng., vol. 11, no. 3, pp. 169–180, 2019, doi: 10.30880/ijie.2019.11.03.018.
[12] T. M. Akhriza, Y. Ma, and J. Li, “Text clustering using frequent contextual termset,” in Proceedings - 2011 4th International Conference on Information Management, Innovation Management and Industrial Engineering, ICIII 2011, 2011, vol. 1, doi: 10.1109/ICIII.2011.86.
[13] M. Cui, “Introduction to the K-Means Clustering Algorithm Based on the Elbow Method,” Accounting, Audit. Financ., vol. 1, no. 1, 2020.
[14] D. Arthur and S. Vassilvitskii, “K-means++: The advantages of careful seeding,” in Proceedings of the Annual ACM-SIAM Symposium on Discrete Algorithms, 2007, vol. 07-09-January-2007.
[15] F. Pedregosa et al., “Scikit-learn: Machine learning in Python,” J. Mach. Learn. Res., vol. 12, 2011.
[16] P. J. Rousseeuw, “Silhouettes: A graphical aid to the interpretation and validation of cluster analysis,” J. Comput. Appl. Math., vol. 20, no. C, 1987, doi: 10.1016/0377-0427(87)90125-7.
[17] A. Lengyel and Z. Botta-Dukát, “Silhouette width using generalized mean—A flexible method for assessing clustering efficiency,” Ecol. Evol., vol. 9, no. 23, 2019, doi: 10.1002/ece3.5774.