Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma K-Nearst Neighbor terhadap Evaluasi Pembalajaran Daring

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Odi Nurdiawan Ruli Herdiana Saeful Anwar

Abstrak

Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, banyak cara yang dilakukan salah satunya menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan mahasiswa untuk belajar dari rumah masing-masing. Penggunaan teknologi digital di tengah pandemi COVID-19 memiliki kontribusi yang besar bagi institusi pendidikan yaitu dengan menerapkan pembelajaran online. Mahasiswa diharapkan mampu menerima langkah yang telah diimplementasikan oleh pemerintah. Akan tetapi, keadaan itu tidak juga menjamin bahwa mahasiswa setuju atau menerima dengan adanya langkah tersebut. Maka dari itu, diperlukan pengukuran untuk menentukan tingkat kepuasan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran online. Dengan hal tersebut penulis melakukan uji kinerja algoritma terlebih dahulu yaitu model klasifikasi dengan algoritma naïve bayes dan algoritma K-Nearst Neighbor. Data yang digunakan data primer artinya data di ambil dari hasil sebaran kuisoner pada mahasiswa semester 3 (tiga) semester 5 (lima) dan semester 7 (tujuh) sebanyak 352 responden. Dalam pengembangan model algoritma menggunkan tools rapid miner versi 9.3 dengan operator yang digunakan yaitu retrive, multiply, cross validation, algoritma naïve bayes dan knn, apply model dan performance. Hasil akurasi Algoritma naïve bayes dengan nilai 91,45%. Hasil akurasi algoritma k-nearst neighbor dengan nilai 97,72%. akurasi algoritma k-nearst neighbor lebih besar dari algoritma naïve bayes, sehingga dapat disimpulkan algoritma k-nearst neighbor mempunyai kinerja yang baik dalam klasifikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] Pikobar, “Covid 19,” 2021. [Online]. Available: https://pikobar.jabarprov.go.id/.
[2] Basori, Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. 2013.
[3] A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
[4] H. Hermanto, A. Mustopa, and A. Y. Kuntoro, “Algoritma Klasifikasi Naive Bayes Dan Support Vector Machine Dalam Layanan Komplain Mahasiswa,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 211–220, 2020, doi: 10.33480/jitk.v5i2.1181.
[5] J. Han, J, Kamber, M, & Pei, Data Mining: Concept and Techniques, Second Edition. Waltham. Morgan Kaufmann Publishers, 2006.
[6] D. T. Larose, Discovering Knowledge In Data: An Introduction to Data mining. JohnWilley& Sons. Inc, 2005.
[7] M. Hakim and A. Mulyapradana, “Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19,” Widya Cipta J. Sekr. dan Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 154–160, 2020, doi: 10.31294/widyacipta.v4i2.8853.
[8] K. D. R. Sianipar, S. W. Siahaan, M. Siregar, and P. P. P. A. N. W. F. I. R. H. Zer, “Penerapan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online,” Infomatek, vol. 22, no. 1, pp. 23–30, 2020, doi: 10.23969/infomatek.v22i1.2748.
[9] Bertalya, Konsep Data Mining, Klasifikasi: Pohon Keputusan. Jakarta: Universitas Gunadarma, 2009.
[10] A. Bode, “K-Nearest Neighbor Dengan Feature Selection Menggunakan Backward Elimination Untuk Prediksi Harga Komoditi Kopi Arabika,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 2, pp. 188–195, 2017, doi: 10.33096/ilkom.v9i2.139.188-195.