Pengembangan Sistem Aplikasi Tanggap Bencana Banjir Berbasis SMS Gateway Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Atmega328 Di Desa Kedawung Wetan Pasuruan

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sigit Riyadi Kurniawan Wahyu Haryanto

Abstrak

Desa Kedawung Wetan merupakan salah satu daerah Kabupaten Pasuruan yang sering terjadi banjir kiriman akibat luapan dari Sungai Rejoso. Luapan sungai tersebut diakibatkan kiriman air dari daerah dataran yang lebih tinggi sebelah selatan Desa Kedawung Wetan yaitu Desa Lumbang dan Desa Winongan. Akibat bencana banjir kiriman tersebut banyak warga yang tidak dapat menyelamatkan barang-barang mereka karena banjir dapat terjadi setiap saat. Desa Kedawung Wetan peringatan dini banjir masih berjalan secara manual, yang masih melibatkan manusia dalam memberikan informasi sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan. Selain itu, di Desa Kedawung Wetan tersebut masih menjangkau jaringan 2G, Sehingga dibutuhkan  aplikasi yang dapat berjalan baik di jaringan 2G. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini didapatkan bahwa Desa Kedawung Wetan membutuhkan teknologi peringatan dini berbasis SMS Gateway yang dapat beroperasi pada jaringan 2G, input yang berjalan secara otomatis dengan menggunakan perangkat yang berbasis mikrokontroler AtMega 328 Arduino yang telah dilengkapi dengan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi ketinggian air sungai dan SIM 900 GSM Shield sebagai pengirim SMS peringatan. Pengembangan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall. Dari pengembangan sistem ini didapatkan hasil rata-rata waktu pengiriman pesan yaitu 2 menit, waktu tercepat 1.5 menit dan waktu terlama 2.5 menit dengan menggunakan 3 sampel operator yang berbeda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] Astuti, I.F., Manoppo, A.N., Arifin, Z., Sistem Peringatan Dini Bahaya Banjir Kota Samarinda Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Mikrokontroler Dengan Buzzer dan SMS, SEBATIKSTMIK WICIDA, 2018.
[2] Andrianto, H. & Darmawan, A., 2017. ARDUINO BELAJAR CEPAT DAN PEMROGRAMAN. Kedua penyunt. Bandung: INFORMATIKA.
[3] Fernandez,C.D., Mendoza, K.J.A.,Tiongson, A.J.S., Mendoza, M.B.,Development of Microcontroller-basedLandslide early warning system, InRegion 10 Conference (TENCON),IEEE (pp. 3000-3005), 2016
[4] Jumri, J. . P., 2015. Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime Berbasis SMS Gateway,. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Oktober, 7(2), pp. 34-55.
[5] Kadir, A., 2017. Pemrograman ARDUINO dan Processing. Pertama penyunt. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[6] Satria D., Yana S., Munadi R.,Syahreza S.,Sistem Peringatan diniBanjir Secara Real-Time Berbasis Web Menggunakan Arduino dan Ethernet,Jurnal JTIK, 2017
[7] Sumitra, I. D., Hou, R. & Supatmi, S., 2017. Design and Deployment of Wireless Sensor Networks. Springer International Publishing, 10602(1), pp. 313-324.
[8] Riyadi S., Rokhim A .,PerancanganAplikasi Tanggap Bencana BanjirBerbasis SMS Gateway di DesaKedawung Wetan Pasuruan, Prosiding volume 4th SNATIKA, November,2017.
[9] Zaliluddin, D., 2018. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore). INFOTECH journal, pp. 24-27.