Perancangan Motion Graphic Pentingnya Sterilisasi Kucing Untuk Menstabilkan Populasi Kucing

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Delya Nabilla Umairoh Subari Subari Rahmat Kurniawan

Abstrak

Populasi kucing semakin meningkat tiap tahunnya, sehingga mengakibatkan banyak dampak negatif bagi kucing dan lingkungan sekitar seperti banyaknya kucing yang ditemukan kelaparan akibat persaingan makanan dan terluka dikarenakan sebagian orang merasa terganggu dengan keberadaannya. Selain membantu dengan memberi makan atau mengadopsi kucing, sterilisasi kucing dianggap lebih efektif untuk mengatasi masalah ini. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pentingnya sterilisasi kucing, khususnya bagi pemelihara kucing. Maka dari itu perlu adanya penyebaran edukasi mengenai pentingnya sterilisasi kucing, sehingga dengan motion graphic diharapkan pesan mengenai pentingnya sterilisasi kucing dapat tersampaikan kepada masyarakat luas dengan baik. Dari metode penelitian menggunakan design thinking, serta eksplorasi konsep dan proses perancangan berupa penggabungan ilustrasi 2D, tipografi, dan audio menghasilkan motion graphic yang dapat membantu masyarakat memahami mengenai pentingnya sterilisasi kucing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motion graphic dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan dengan lebih efisien, menarik dan penyebarannya lebih menjangkau masyarakat luas.  

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] A. Firdaus and M. L. Anggapuspa, “Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Sterilisasi Pada Kucing,” Desain Komun. Visulal, vol. 01, no. 01, pp. 1–25, 2020.
[2] M. B. Firdaus, E. Budiman, and M. F. Anshori, “Evaluasi Skema Panduan Game Berbasis Motion Graphic Animation Pada Esports Bergenre Multiplayer Online Battle Arena,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 36, 2020, doi: 10.30872/jurti.v4i1.4515.
[3] A. Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya.,” sis.binus.ac.id, 2020.
[4] S. Hadi, Metodologi research, 2nd ed. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 1982.
[5] Jonathan Sarwono, Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
[6] H. Prisca, “Perancangan Program Kampanye Rescue and Adopt Melalui Webtoon Four Little Feet Untuk Membangun Sikap Kepedulian Pada Hewan,” J. Servite, vol. 1, no. 1, p. 50, 2019, doi: 10.37535/102001120195.
[7] A. Henundya, “Pengendalian Populasi Kucing Liar,” Peranc. Buku Ilus. Edukasi Tentang Sterilisasi Sebagai Upaya Pengendali. Popul. Kucing Liar, pp. 1–23, 2018.