Perancangan Video Profil Kopi Taji Lereng Bromo Sebagai Media Informasi

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Fahmi Poerbaningtyas E Ahmad Zakiy Ramadhan

Abstrak

Kopi Taji adalah tempat pengolahan kopi berkolasi di Dusun Kranjan, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Taji dikenal sebagai salah satu tempat penghasil kopi dipulau Jawa, yang memiliki sejarah kopi sejak jaman kolonial Hindia Belanda. Di Desa Taji selain menikmati secangkir kopi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lereng gurung bromo. Kopi Taji diolah langsung dari petani lokal, memiliki cita rasa kopi yang berbeda, dan menawarkan keindahan alam Lereng Gunung Bromo. Namun sampai dengan saat ini, keunikan Desa Taji khususnya keunggulan kopi taji  tidak dikenal  masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena kopi taji belum memiliki media informasi yang baik, informasi yang ada  sebatas video vlog pengunjung dan beberapa video wawancara. Media yang ada belum menunjukan atau memperlihatkan kopi Taji memiliki cita rasa kopi yang berbeda dari yang lain. Sehingga kondisi saat ini belum bisa dibilang sebagai media informasi yang baik untuk mengenalkan kopi Taji. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang video Profil Kopi Taji Lereng Bromo. Tujuan dibuat video profile sebagai media informasi adalah agar dapat menyampaikan informasi tentang kopi Taji ke masyarakat secara luas. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif melalui tiga metode observasi, wawancara, studi Pustaka, dan menggunakan analisa 5W 1H, serta perancangan menggunakan metode Design Thinking. Hasil penelitian dilakukan uji coba melalui kuesioner dengan google form dengan 41 responden. Hasil kuisener yang  didapatkan bahwa video Profil Kopi Taji Lereng Bromo sangat baik,   terdapat informasi yang sudah menggambarkan, menjelaskan tentang Kopi Taji. Video Profile Kopi Taji sebagai media informasi dapat  disebarkan melalui media sosial.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
[1] A. Zaksa, “Apa Itu Video? Mengenal Pengertian Video. Apa Itu Video? Mengenal Pengertian Video.,” (2020, november 15).
[2] Asfihan., “Pengertian Video,” Andi Offset, Yogyakarta, 2022.
[3] M. L. .. Rahayu Dwi Saputri, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kali Biru Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kali Biru Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat,,” D-Mavis, pp. 89-98, 2021.
[4] Inge, “Hal Apa Ajasih yang Bisa Disampaikan Di Video Company Profile? Hal Apa Ajasih yang Bisa Disampaikan Di Video Company Profile?,” 2022.
[5] N. K. Agus Aan Jiwa Permana, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika.,” p. 24, 2017.
[6] M. J. Dion Eko Valentino, “Perancangan video company profile pada hotel de java bandung.,” TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi,, pp. 1-20, 2020.
[7] A. S. Muhammad Eko Atmojo, “Penyusunan Company Profile Sebagai Wujud Branding Pariwisata Desa Hargorejo.,” D'Mavis, 卷 , pp. 739- 747., 2022.
[8]  "Penerapan Analisis SWOT dalam Perusahaan". Rona Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-11-10. Diakses tanggal 2020-10-31
[9] Hidayat, Arif. (2011). Pembelajaran Menulis Teks Berita. INSANIA, Vol 16(3). 
[10] A. Shinta, “Apa itu Design Thinking? Tahapan dan Contoh Penerapannya,” Apa itu Design Thinking? Tahapan dan Contoh Penerapannya, 31 Maret 2022.
[2] Asfihan., “Pengertian Video,” Andi Offset, Yogyakarta, 2022.
[3] M. L. .. Rahayu Dwi Saputri, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kali Biru Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kali Biru Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat,,” D-Mavis, pp. 89-98, 2021.
[4] Inge, “Hal Apa Ajasih yang Bisa Disampaikan Di Video Company Profile? Hal Apa Ajasih yang Bisa Disampaikan Di Video Company Profile?,” 2022.
[5] N. K. Agus Aan Jiwa Permana, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika.,” p. 24, 2017.
[6] M. J. Dion Eko Valentino, “Perancangan video company profile pada hotel de java bandung.,” TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi,, pp. 1-20, 2020.
[7] A. S. Muhammad Eko Atmojo, “Penyusunan Company Profile Sebagai Wujud Branding Pariwisata Desa Hargorejo.,” D'Mavis, 卷 , pp. 739- 747., 2022.
[8]  "Penerapan Analisis SWOT dalam Perusahaan". Rona Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-11-10. Diakses tanggal 2020-10-31
[9] Hidayat, Arif. (2011). Pembelajaran Menulis Teks Berita. INSANIA, Vol 16(3). 
[10] A. Shinta, “Apa itu Design Thinking? Tahapan dan Contoh Penerapannya,” Apa itu Design Thinking? Tahapan dan Contoh Penerapannya, 31 Maret 2022.