Aplikasi Game Petualangan bagi Anak – Anak sebagai Media Pembelajaran Flora dan Fauna di Indonesia

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fendik Gunawan

Abstract

Melihat zaman yang semakin modern, mengubah banyak hal dalam segmen kehidupan seperti halnya dalam dunia pembelajaran, beberapa perubahan telah terjadi khususnya dalam cara belajar Ilmu Pengetahuan Alam di kalangan anak-anak Sekolah Dasar. Sistem pembelajaran yang manual membuat anak-anak jenuh dan akhirnya terhambat dalam belajar. Kasus tersebut terjadi khususnya dalam belajar mengenai sains khususnya Ilmu Pengetahuan Alam. Dari beberapa kejadian tersebut, pentingya sistem pembelajaran komputer dapat membantu anak-anak agar lebih semangat belajar. Akibat dari pembelajaran manual yang menjenuhkan bagi anak-anak, karena dengan pembelajaran manual anak-anak lambat untuk memahami materi yang ada, kemudian dengan pembelajaran manual minat anak-anak untuk belajar berkurang karena adanya rasa malas untuk membaca buku yang sudah disediakan sebelumnya, maka dalam menghadapi masalah tersebut muncul ide untuk membuat sebuah game yang didalamnya di isi dengan pembelajaran terutama mengenai Ilmu Pengetahuan Alam yang terfokus pada pembelajaran  flora dan fauna langka di Indonesia. Game ini dikhususkan untuk anak-anak Sekolah Dasar agar dalam tahap pembelajaran dapat lebih menarik. Perancangan sebuah game tidak lepas dari perangkat lunak atau sebuah aplikasi, yaitu salah satunya Construct 2. Jenis game yang dibuat ini merupakan permainan pertualangan (Adventure Game). Kelebihan game  pembelajaran flora dan fauna dapat membantu siswa dalam mempercepat pemahaman siswa dalam memahami pengetahuan tentang Flora dan Fauna Langka di Indonesia, Meningkatkan minat pembelajaran secara interaktif berupa permainan game yang dilengkapi dengan multimedia (sound, music, visual, dan umpan balik).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles