Analisis Instalasi Jaringan Internet Desa Karangjati

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Pudji Widodo Suleman Suleman Bambang Kelana Simpony

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi pada saat ini terus berkembang sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia untuk mengakses informasi dengan cepat, mudah, dan akurat. Jaringan Internet adalah salah satu alat untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut. BUMDesa Desa Karangjati membuat server kecil milik desa yang diperuntukan memfasilitasi kebutuhan Internet masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau daripada harga penyedia jasa layanan internet yang lain. Penelitian dilakukan untuk mengamati dan memperbaiki topologi jaringan, sehingga dapat memaksimalkan jaringan internet milik BUMDesa Desa Karangjati. Selain itu, penelitian dilakukan untuk menyelesaikan masalah seperti kehabisan port ketika terjadi penambahan pelanggan ataupun mengatasi modem pengguna yang sering gangguan dengan cara mengganti adaptor modem yang bermasalah ataupun mengganti modem lama dengan modem baru. Metode yang digunakan yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara secara langsung pada BUMDesa Jati Lestari Desa Karangjati. Skema konfigurasi usulan dibuat menggunakan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer. Berdasarkan hasil penelitian internet milik BUMDesa Desa Karangjati menggunakan topologi tree dikarenakan hanya terdapat satu server pusat dan konfigurasi pengalamatan IP Address menggunakan kelas C, dikarenakan masih menggunakan jaringan dalam skala kecil. Media transmisi menggunakan kabel fiber optic dari server dan penambahan port akan terus dilakukan seiring bertambahnya pelanggan jaringan internet tersebut.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles
Referensi
Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih. (2018). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk Smk Kelas x Teknik Komputer Dan Jaringan. M Multimedia Tutorial, 1(4), 307–314.
Fadlilah, N. I., & Suleman. (2019). Jaringan Komputer Mudah Membangun Jaringan ( Teori dan Praktek ). Graha Ilmu.
Hanif, I., & Arnaldy, D. (2017). Analisis Penyambungan Kabel Fiber Optik Akses dengan Kabel Fiber Optik Backbone pada Indosat Area Jabodetabek. Multinetics, 3(2), 12. https://doi.org/10.32722/vol3.no2.2017.pp12-17
I Made Edi Putra, Pande Ketut Sudiarta, W. S. (2019). Perancangan Sistem Pemantauan Peternakan Ayam Berbasis Internet of Things (IoT) dengan Cisco Packet Tracer 7.0. Pande Ketut Sudiarta, 6(3), 19–26.
Khatami, M. I. (2020). Perancangan Jaringan Komputer Local Area Network Pada Hotel Java Heritage Purwokerto.
Kurnia, Dian;Ramadhani, S. (2018). Rancang Bangun Jaringan Menggunakan Mode PPPOE Client Mikrotik dan Metode PCQ di Jaringan Internet SMA N 20 Medan.
Lukman, A. M., & Bachtiar, Y. (2018). Analisis Sistem Pengelolaan, Pemeliharaan dan Keamanan Jaringan Internet Pada IT Telkom Purwokerto. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 6(2), 49–56. https://doi.org/10.31294/evolusi.v6i2.4427
Mukti, Aan Restu;Dasmen, R. N. (2019). Prototipe Manajemen Bandwidth pada Jaringan Internet Hotel Harvani dengan Mikrotik RB750r2.
Prihantoro, C. (2020). Manajemen Bandwidth Dengan Metode Queue Tree Pada Jaringan RT/RW NET Menggunakan Mikrotik.
Rakhmah, Nur Syifa;Kuncoro, Icuk Maris;Harafani, H. (2019). Pengelolaan Jaringan Hotspot Menggunakan Mikrotik Router OS pada PT Arsen Kusuma Indonesia.