Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Website E-Commerce untuk Produk Kerajinan Tangan UMKM Nena Namo

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sholiq Sholiq Cahya Yunita Hanim Maria Astuti Tony Dwi Susanto Anisah Herdiyanti Khakim Ghozali

Abstract

Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM) Nena Namo adalah UMKM yang berfokus pada produksi kerajinan tangan yang menggunakan karung goni dan kain belacu sebagai bahan dasar untuk membuat produknya. UMKM Nena Namo juga memiliki keunikan lain yang membuat produknya memiliki karakteristik yaitu desain motif yang dilukis secara manual menggunakan tangan. Produk kerajinan yang dipasarkan beragam, seperti tas, dompet, kotak tisu, sapu tangan, sampul makanan, kotak pensil, taplak meja, dan sebagainya. Mekanisme penjualan untuk UMKM Nena Namo saat ini terbatas pada pelanggan memesan melalui SMS, telepon, atau datang langsung ke rumah produksi Nena Namo. Untuk memperluas pasar dan memanfaatkan internet sebagai sarana penjualan produknya, maka pada penelitian ini UMKM Nena Namo membuat aplikasi website e-commerce. Mempertimbangkan keunikan atau karakteristik produk kerajinan UMKM ini yang ada pada desain aksesorisnya, situs web e-commerce akan dilengkapi dengan fitur untuk membuat desain kustomisasi produk oleh pelanggan. Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah aplikasi website e-commerce untuk UMKM Nena Nemo yang telah diuji dengan test case berbasis use case. Kelebihan artikel ini terletak kerunutan perancangan dan pembuatan aplikasi yang dimulai dari wawancara, analisis kebutuhan pengguna, perancangan, pengkodean, dan pengujian yang dapat dirunut tahap per tahap.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.