Analisis Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Aljabar Logika Dengan User Acceptance Test (UAT)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rini Agustina Dodit Suprianto

Abstract

Media pembelajaran interaktif saat ini merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan dalam proses belajar dan mengajar di kelas. Dengan bantuan media pembelajaran diharapkan Mahasiswa lebih mudah dalam memahami, mensintesa dan menganalogikan suatu materi pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari pemanfaatan media pembelajaran interaktif matakuliah Logika Informatika berbasis Android. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu dengan menyebarkan angket untuk menguji coba obyek penelitian media pembelajaran interaktif dengan mengguanakan User Acceptence Test (UAT), dengan melibatkan 3 aspek yaitu aspek sistem, aspek user dan aspek interaksi. Hal ini penting dilakukan untuk menindak lanjuti apakah media interaktif yang telah dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan sekaligus menilai apakah media ini dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa dan layak untuk dikembangkan. Hasil penelitian menjukkan bahwa 86% responden menyatakan setuju bahwa media pembelajaran interaktif logika informatika ini sangat bermanfaat dan mudah untuk digunakan Hasil penelitian juga menyatakan bahwa media ini cukup efektif dipergunakan sebagai media pembelajaran yang bisa diakses offline dimana saja melalui smartphone. Soal evaluasi yang diberikan cukup memberikan feedback yang baik karena dapat langsung diketahui scorenya secara langsung sehingga memudahkan mahasiswa mengukur kemampuan dirinya. Selain itu Media pembelajaran interaktif juga dinilai sudah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan layak untuk dikembangkan kembali dengan memperkaya materi lebih lanjut

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.