Information Retrieval Menggunakan Latent Semantic Indexing Pada Ebook

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Gaguk Susanto Hari Lugis Purwanto

Abstract

Ebook merupakan buku elektronik sebagai pengganti buku kertas yang dapat dibuka dalam perangkat elektronik (smartphone, laptop atau PC). Bagi guru/pengajar maupun siswa/mahasiswa tentunya memiliki koleksi ebook yang banyak dalam komputer dan lebih cenderung hanya tersimpan dalam hardisk dan jarang sekali dibuka padahal isi dalam ebook tersebut mengandung bermacam-macam ilmu pengetahun. Ilmu pengetahuan dari ebook tersebut tentunya dapat dimanfaat untuk merubah komputer menjadi asisten cerdas  yang sangat bermanfaat bagi pemiliknya. Asisten cerdas akan memberikan referensi dengan cepat mengenai informasi yang dibutuhkan oleh pemilik komputer. Oleh karena itu pemanfaatan ebook untuk dasar pembentukan sumber ilmu pengetahuan memerlukan suatu media yang menjembatani antara pemilik dan perangkat. Sistem information retrieval dibutuhkan untuk memanfaatkan sumber pengetahuan yang ada dalam koleksi ebook tersebut sehingga proses pencarian informasi dapat dilakukan dengan cepat. Proses information retrieval dilakukan dengan menggunakan metode Latent Semantic Indexing. LSI merupakan sebuah metode automatic indexing dan retrieval dengan memanfaatkan semantic structure yang secara implisit terdapat dalam suatu dokumen untuk digunakan dalam pencarian dokumen yang relevan dengan terms dalam kueri. Oleh sebab itu Information Retrieval Menggunakan Latent  Semantic Indexing  pada ebook sangat dibutuhkan bukan hanya para pengajar saja tapi bagi semua masarakat yang ingin menjadikan perangkat komputernya menjadi asisten pintar.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.