Pengembangan Antarmuka Pemrograman Aplikasi Menggunakan Metode RESTful pada Sistem Informasi Akademik Politeknik Kota Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dwi Wijonarko Betta Wahyu Retna Mulya

Abstract

Kemudahan akses informasi antar perangkat dan media saat ini menjadi hal yang sangat lazim ditemukan. Adalah satu fungsi penting dalam pengembangan aplikasi yaitu kemampuan untuk mengembangkan aplikasi menjadi lebih besar dan mampu diterapkan dalam berbagai macam platform serta perangkat yang ada saat ini. Pengembangan antarmuka pemrograman aplikasi adalah salah satu cara agar suatu aplikasi / sistem dapat diakses serta dimanfaatkan oleh pihak lain tanpa harus mengubah kode utama sistem dan basis data sistem serta memudahkan komunikasi antar sistem meskipun berbeda platform. Sistem Informasi Akademik Politeknik Kota Malang, menerapkan antarmuka pemrograman aplikasi menggunakan metode RESTful untuk berkomunikasi dengan sistem lain seperti aplikasi mobile, sistem kepegawaian dan keuangan. REST (Representational State Transfer Protocol) merupakan metode pengembangan web service yang menonjolkan kesederhaan dan menggunakan fitur yang ada pada HTTP untuk mendapatkan sumberdaya saat menggunakan web service tersebut.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.