Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Hasil Produksi Susu (Studi Kasus: Koperasi “SAE” Pujon)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mochamad Subianto Kestrilia Rega Prilianti Theodore Zakharia Widjaja

Abstract

Aplikasi multiplatform Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berbasis lokasi untuk memudahkan beberapa stakeholder seperti peternak, pos, dan koperasi untuk memantau naik turunnya setoran susu, pemetaan peternak, dan automasi input setoran susu beserta proses rekapitulasi yang dimana selama ini masih bersifat manual. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan studi kasus pada salah satu sentra produksi susu yang telah terkenal selama bertahun-tahun, yaitu koperasi “SAE” Pujon. Penelitian ini menggunakan beberapa tools seperti Sistem Informasi Geografis yang berhubungan langsung dengan data dan database spasial, Mysql untuk pembuatan database aplikasi, dan penggunaan poligon dan marker sebagai penanda pada API Google untuk pemetaan peternak. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah peternak dapat mengecek history setoran susu dan bayaran mereka, input setoran susu, grading kualitas susu, mengecek performa setiap peternak, bis, dan pos. Pendapat pengguna hasil dari kuisioner menyatakan kalau aplikasi ini memuaskan dilihat dari berbagai aspek seperti kelancaran, user interface, user friendly, kualitas aplikasi, dan kepuasan secara umum. Kemudian mayoritas koresponden juga menyatakan kalau aplikasi ini baru pertama kali ditemui dan mereka akan merekomendasikan aplikasi ini kepada orang yang akan membutuhkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.