Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Hagas Tani Batu Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rahayu Widayanti Bambang Ariebowo Jauharul Maknunah

Abstract

Hagas Tani adalah toko pertanian yang menjual obat-obatan dan tanaman pertanian. Toko ini telah mencatat transaksi pembelian, transaksi penjualan, dan persediaan barang dagangan secara manual. Proses ini menghasilkan sistem pencatatan yang tidak efektif dan tidak efisien. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencatatan transaksi pembelian, transaksi penjualan, dan persediaan barang dagangan melalui penggunaan sistem informasi. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan efisiensi dan efektivitas pencatatan transaksi pembelian, transaksi penjualan, dan persediaan barang dagangan melalui penggunaan sistem informasi. Uji coba dan perbandingan sebelum dan sesudah penggunaan sistem selama satu bulan terbukti dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi, serta memudahkan pengawasan terhadap persediaan barang dagangan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles

SMATIKA Jurnal memperbolehkan pembaca membaca, mengunduh, mengcopi, membagikan, mencetak dan mentautkan artikel ini dan mengizinkan pembaca untuk menggunakannya untuk tujuan sah lainnya.

Creative Commons License

Karya ini dilesensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada SMATIKA Jurnal.