INFORMASI UMUM

  1. Manuskrip harus asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam jurnal ilmiah manapun, manuskrip tersebut tidak diajukan untuk dipublikasikan di tempat lain, dan tidak akan diserahkan ke media manapun selama proses peninjauan, kecuali jika penulis telah secara resmi menarik naskah dari Jurnal MAVIS. Pernyataan tersebut harus dinyatakan dalam pernyataan orisinalitas dan formulir pelepasan hak cipta (Form Copyright Notice).
  2. Jurnal MAVIS menggunakan Similarity Check untuk mencegah plagiarisme dalam manuskrip.
  3. Naskah mencakup berbagai topic Jurnal MAVIS (Mata Visual) ini sebagai media publikasi ilmiah berupa karya penelitian maupun rancangan dalam bidang seni dan desain.
  4. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September.
  5. Setiap pemakalah yang hendak mempublikasikan makalahnya di Jurnal ini wajib mematuhi setiap peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  6. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara terbuka oleh publik.

 

KETENTUAN NASKAH

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan menggunakan standar kaidah ilmiah.
  2. Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word, kecuali Grafik dengan menggunakan program Microsoft Excel dan Angka dengan format JPEG atau PDF.
  3. Naskah harus diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan 10pt, spasi 1 dan dua kolom.
  4. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel dan gambar, dan sumber kutipan jika ada. Jika ada sumber kutipan ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup, jenis huruf Times New Roman-bold ukuran 10 pt. Judul tabel atau gambar ditulis rata tengah.

 

Ketentuan Sistematika Penulisan: Isi tulisan dikelompokkan dengan sistematika sebagai berikut:

  1. Judul, harus menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel. Judul artikel maksimal terdiri dari 12 kata.
  2. Abstrak dan kata kunci, memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak maksimal terdiri dari 250 kata. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata.
  3. Pendahuluan, berisi permasalahan penelitian, rencana pemecahan penelitian, tujuan penelitian dan rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
  4. Metodologi penelitian, memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data dan teknik analisis.
  5. Hasil dan pembahasan, memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, jawaban pertanyaan penelitian, temuan dan implementasinya.
  6. Kesimpulan dan saran, kesimpulan penelitian dan saran-saran yang mengacu pada hasil penelitian.


Referensi, memuat sumber-sumber yang diacu didalam penulisan artikel, ditulis seperti contoh berikut:

Cara Penulisan Sumber Kutipan

Daftar Pustaka: Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel, hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di MAVIS Jurnal adalah mengikuti style APA.

Contoh:

(Hal yang perlu diperhatikan adalah judul buku yang dituliskan secara italic dengan penggunaan huruf kapital mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh didaftarkan di satu referensi maksimal berjumlah enam. Jika pengarang berjumlah lebih dari enam maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan sebagai et al.)

Contoh:

Satu pengarang: Conley, D. 2002. The daily miracle: An Introduction to Journalism. Oxford University Press. New York

Dua pengarang: Anna, N., & Santoso, CL. 1997. Pendidikan Anak. Family Press. Jakarta.

Lebih dari dua pengarang: Kotler, P., Adam, S., Brown., L & Armstrong, G. 2003. Principles of marketing. 2nd ed. Pearson Education Australia. Melbourne

Nama belakang pengarang, inisial nama depan, Tahun Publikasi, Judul artikel menggunakan tanda kutip tunggal, Nama jurnal menggunakan format italic, Nomor volume (ditulis vol.), Nomor halaman.

Contoh:

Pengarang tunggal: Hall, M 1999, ‘Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes’,Contemporary Nurse, vol. 8, no. 1, hh. 232-237.

Dua pengarang: Davis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh. 578–86.

Lebih dari dua pengarang: Wijaya, K, Phillips, M & Syarif, H 2002, ‘Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar’, Jurnal Informatika Indonesia, vol. 1, no. 3, hh. 132-140.

Tanpa pengarang: ‘Building human resources instead of landfills’ 2000, Biocycle, vol. 41, no. 12, hh. 28-29.

Birbeck, D & Drummond, M 2006, ‘Very young children’s body image: bodies and minds under construction’, International Education Journal, vol. 7, no.4, dilihat 12 Desember 2006,