Pemanfaatan Corona SDK dalam Pembuatan Game Edukasi untuk Anak Usia Dini

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tyas Ari Dita

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia tiga sampai lima tahun untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak. Perkembangan kognitif merupakan salah satu fungsi yang dikembangkan pada anak usia dini yaitu kemampuan anak untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangan sesuatu. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangatlah pesat, salah satunya yaitu mobile Android. Pengguna mobile Android pun tidak hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak. Penggunaan mobile Android yang lebih sering digunakan sebagai media hiburan seperti bermain game. Dengan dibuatnya game edukasi berbasis Android disertai animasi, gambar dan suara yang didalamnya terdapat pembelajaran mengenal warna, binatang, buah, dan kendaraan diharapkan dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran untuk anak usia tiga sampai lima tahun. Pembelajaran nantinya disajikan dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap belajar yang menampilkan berbagai jenis hewan, kendaraan, warna, dan buah. Tahap kedua yaitu review untuk mengulangi dan mengingat apa yang telah dipelajari di tahap belajar. Dan tahap ketiga yaitu tahap bermain / game yang menampilkan berbagai permainan seperti puzzle, match, dan collect. Pada game puzzle anak diarahkan untuk melengkapi bagian gambar yang hilang. Pada game match anak diarahkan untuk mencocokkan gambar yang sesuai. Dan pada game collect anak diarahkan untuk mengumpulkan benda sesuai dengan jenisnya. Diharapkan dengan adanya metode belajar sambil bermain melalui game dapat meningkatkan pemahaman terhadap anak.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles