Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Minat Jurusan Siswa di SMK Al-Ikhlash Menggunakan Metode Inferensi Fuzzy Mamdani Berbasis Web (Studi Kasus: STIKI Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Azuansyah Azuansyah

Abstract

Pemilihan jurusan yang tepat di SMK dapat membuat suatu perbedaan besar, karena siswa perlu menemukan jurusan yang cocok dengan ketertarikan dan kemampuannya. Kasus Penelitian yang digunakan mengambil sample berbagai jurusan yang ada di SMK AL-IKHLASH. Minat dan nilai kemampuan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan yang tepat. Keputusan penentuan jurusan dibuat oleh pihak yang berkompeten di sekolah. Salah satu aplikasi logika fuzzy adalah pendukung keputusan dengan Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani. Dalam FIS Mamdani untuk memperoleh output diperlukan empat tahap, yaitu pembentukan himpunan fuzzy, pembentukan rules, aplikasi fungsi implikasi dan inferensi aturan serta defuzzifikasi. Sistem ini menampilkan sebuah hasil keputusan untuk memberikan rekomendasi pemilihan jurusan di SMK kepada siswa. Sistem ini sangat bermanfaat dalam membantu siswa memilih jurusan karena hasil yang diperoleh telah melalui perhitungan logika fuzzy dengan data-data yang valid. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem online yang dapat membantu siswa dalam memutuskan penjurusan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles