https://jurnal.stiki.ac.id/elang/issue/feed ELANG: Journal of Interdisciplinary Research 2024-02-05T08:03:28+00:00 Siti Aminah jurnal@stiki.ac.id Open Journal Systems <p><strong>ELANG : Journal of Interdisciplinary Research</strong>&nbsp;adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM STIKI Malang dan di terbitkan 2 kali dalam setahun yaitu&nbsp;<strong>Juli&nbsp;</strong>dan<strong>&nbsp;Januari</strong>. <strong>ELANG : Journal of Interdisciplinary Research</strong><strong>&nbsp;</strong>sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Manajemen dan Bisnis, Desain Komunikasi Visual, Rekayasa Sosial dan Ilmu Komputer</p> https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/1156 Home Page ELANG: Journal of Interdisciplinary Research Volume 01 Number 02, Januari 2024 2024-01-30T08:14:49+00:00 Siti Aminah sitiaminah@stiki.ac.id <p>Home Page ELANG: Journal of Interdisciplinary Research Volume 01 Number 02, Januari 2024</p> 2024-01-30T08:14:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/977 Pengaruh Positive Self Concept Dan Self Confident Terhadap Self Efficacy Mahasiswa ( Studi Kasus pada Mahasiswa STIKI Prodi S1/D3 Sistem Informasi Malang ) 2024-02-05T08:03:28+00:00 Windarini Cahyadiana windarini@stiki.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui, apakah <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;dan <em>Self Confident</em>&nbsp;berpengaruh signifikan terhadap <em>Self Efficacy</em>&nbsp;mahasiswa. <em>Self Efficacy</em>&nbsp;merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya dalam melakukan serta menyelesaikan suatu aktifitas dengan baik. <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;(Konsep/Gambar Diri Positif) nerupakan gambar diri seorang individu terhadap diri sendiri. Sedangkan <em>Self Confident</em>&nbsp;(Kepercayaan Diri) merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya. <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;dan <em>Self Confident</em>&nbsp;merupakan faktor-faktor pembentuk <em>Self Efficacy</em>&nbsp;(Keyakinan Diri) seorang individu. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa STIKI Malang. Variabel X&nbsp;dari penelitian ini adalah <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;(X1)&nbsp;dan <em>Self Confident</em>&nbsp;(X2), sedangkan variabel Y&nbsp;adalah <em>Self Efficacy</em>. Perolehan data dilakukan dengan cara pengisian angket secara <em>online</em>&nbsp;oleh mahasiswa responden. Data yang diperoleh, kemudian diolah&nbsp;dan diuji dengan menggunakan SPSS berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji signifikansi, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diketahui bahwa, <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;dan <em>Self Confident</em>&nbsp;berpengaruh signifikan terhadap <em>Self Afficacy</em>&nbsp;mahasiswa, baik secara parsial maupun secara simultan.&nbsp;Dengan memiliki <em>Positive Self Concept</em>&nbsp;dan <em>Self Confident</em>, maka seorang mahasiswa akan memiliki <em>Self Efficacy</em>&nbsp;untuk meraih prestasi dan mengejar kompetensi dibidangnya.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/1098 Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android 2024-02-05T08:02:45+00:00 Randika Muhammad Rizki 171111080@mhs.stiki.ac.id Nira Radita niraradita@stiki.ac.id Adnan Zulkarnain adnan.zulkarnain@stiki.ac.id <p>Saat ini, generasi muda suku Jawa banyak yang melupakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Anak-anak suku Jawa sekarang banyak yang menggunakan bahasa Jawa Ngoko terhadap siapapun. Alasan utama terjadinya hal tersebut adalah anak-anak saat ini tidak mengetahui kosa kata bahasa Jawa Krama Inggil dan lebih mengenal bahasa dari luar. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat menarik dan membantu dalam mempelajari bahasa Jawa dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode scrum yaitu framework untuk pengembangan software yang adaptif dan menghasilkan software yang sesuai kebutuhan pengguna. Pengujian blackbox dilakukan oleh peneliti dan melibatkan guru di sekolah dasar. Berdasarkan hasil sprint dan pengujian aplikasi yang telah dilakukan, peneliti telah membangun aplikasi pembelajaran bahasa Jawa berbasis android yang sesuai dengan kebutuhan dalam belajar dan melestarikan bahasa Jawa baik bahasa Jawa Ngoko maupun bahasa Jawa Krama Inggil. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu sebagai media pembelajaran bahasa Jawa Ngoko dan bahasa Jawa Krama Inggil untuk semua kalangan. Aplikasi Sinau Basa Jawa ini menjadi aplikasi yang menarik dan interaktif dalam belajar bahasa Jawa yang berisi materi bahasa Jawa Ngoko dan Krama Inggil, dan latihan soal. Latihan soal bahasa Jawa didalam aplikasi berbentuk kuis dengan soal acak dan terdapat skor yang dapat mengukur tingkat pemahaman bahasa Jawa.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/1145 Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Student Satisfaction Dan Student Loyalty (Studi Kasus pada ebelajar.stiki.ac.id) 2024-01-30T05:02:01+00:00 Muhammad Bagas Allbani 191131003@mhs.stiki.ac.id Setiabudi Sakaria setiabudi@stiki.ac.id <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh dari <em>variabel System Quality, Information Quality, Service Quality</em>, terhadap <em>Student Loyalty</em>&nbsp;melalui <em>Student Satisfaction</em>, dan pada ebelajar (http://ebelajar.stiki.ac.id). Populasi dari program studi STIKI yang terdiri dari Manajemen Informatika Sistem informasi, Teknik Informatika,, dan Desain Komunikasi Visual. Terdapat 100 responden yang berpartisipasi mengisi kuisioner melalui <em>google form</em>. Menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0 untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian baik <em>System Quality, Information Quality</em>&nbsp;dan <em>Service Quality</em>&nbsp;memiliki pengaruh signifikan terhadap <em>Student Satisfaction</em>,, dan variabel <em>Student Satisfaction</em>&nbsp;memiliki pengaruh signifikan terhadap <em>Student Loyalty</em>.&nbsp;Keterbatasan hasil penelitian ini yaitu tidak dapat digeneralisasi dan dapat berubah jika jumlah partisipan akan semakin banyak.&nbsp;Dan belum diterapkanya efek variabel mediasi maupun moderasi untuk memperdalam pengaruhnya terhadap <em>student loyalty.</em></p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/1152 BERT dan Bahasa Indonesia: Studi tentang Efektivitas Model NLP Berbasis Transformer 2024-01-30T06:24:13+00:00 Mukhlis Amien amien@stiki.ac.id Go Frendi Gunawan gofrendiasgard@gmail.com <p>Penelitian ini menyelidiki efektivitas model BERT dalam pemrosesan bahasa Indonesia, sebuah bahasa dengan struktur linguistik yang unik. Masalah penelitian dari studi ini berfokus pada evaluasi adaptasi model NLP berbasis transformer, khususnya BERT, untuk bahasa Indonesia dan membandingkan performanya dengan aplikasi pada bahasa lain. Metodologi penelitian ini yaitu mengungkapkan potensi model BERT dalam mengatasi tantangan linguistik khas bahasa Indonesia, memberikan wawasan penting tentang peningkatan performa model dalam konteks bahasa yang beragam. Hasil Penelitian kami menunjukkan bahwa metode BERT untuk bahasa Indonesia mendapatkan akurasi 96.8% untuk operasi POS Tagging, akurasi &nbsp;74,9% untuk operasi NER UGM, dan 90,1% untuk operasi NER UI .</p> 2024-01-30T06:24:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiki.ac.id/elang/article/view/1159 Development Of An Information And Academic Service System With Chatbot Feature Using Dialogflow 2024-02-05T08:02:10+00:00 Kemas Abror Tri Wahyuwono 181111055@mhs.stiki.ac.id Chaulina Alfianti Oktavia chaulina@stiki.ac.id Meivi Kartikasari meivi.k@stiki.ac.id <p class="Abstrak"><em><span lang="IN">Chatbot </span></em><span lang="IN">telah menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menyediakan layanan informasi dan akademik secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan fitur <em>chatbot </em>berbasis <em>website </em>untuk pelayanan informasi dan akademik di Kabupaten Trenggalek. Pembuatan <em>chatbot </em>memanfaatkan platform <em>dialogflow </em>untuk pemahaman bahasa alami dan pemberian jawaban yang tepat. Data layanan informasi dan akademik terkait sekolah di Kabupaten Trenggalek diintegrasikan ke dalam sistem dan penambahan fitur <em>chatbot</em>, sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Pengujian <em>black box </em>pada sistem chatbot dilakukan untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan baik. Selain dilakukan pengujian <em>black box</em>, untuk memperkuat hasil implementasi chatbot, dilakukan juga pengujian <em>User Acceptance </em>Testing. UAT dilakukan dengan melibatkan 40 responden warga masyarakat sebagai representasi pengguna potensial <em>chatbot</em> dengan 20 pertanyaan yang mengacu pada penggunaan fitur fitur yang berada pada <em>chatbot</em> dan <em>website</em>. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 93%, yang menandakan penerimaan yang tinggi dan kepuasan pengguna terhadap <em>chatbot</em>. Dengan adanya <em>chatbot</em> ini, masyarakat Kabupaten Trenggalek dapat dengan mudah memperoleh informasi terkini tentang acara, berita, lokasi, dan layanan akademik yang tersedia. <em>Chatbot</em> juga dapat mengurangi beban petugas dalam memberikan informasi kepada pengguna.</span></p> 2024-02-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##