Pengaruh Positive Self Concept Dan Self Confident Terhadap Self Efficacy Mahasiswa ( Studi Kasus pada Mahasiswa STIKI Prodi S1/D3 Sistem Informasi Malang )

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Windarini Cahyadiana

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui, apakah Positive Self Concept dan Self Confident berpengaruh signifikan terhadap Self Efficacy mahasiswa. Self Efficacy merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya dalam melakukan serta menyelesaikan suatu aktifitas dengan baik. Positive Self Concept (Konsep/Gambar Diri Positif) nerupakan gambar diri seorang individu terhadap diri sendiri. Sedangkan Self Confident (Kepercayaan Diri) merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya. Positive Self Concept dan Self Confident merupakan faktor-faktor pembentuk Self Efficacy (Keyakinan Diri) seorang individu. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa STIKI Malang. Variabel X dari penelitian ini adalah Positive Self Concept (X1) dan Self Confident (X2), sedangkan variabel Y adalah Self Efficacy. Perolehan data dilakukan dengan cara pengisian angket secara online oleh mahasiswa responden. Data yang diperoleh, kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan SPSS berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji signifikansi, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diketahui bahwa, Positive Self Concept dan Self Confident berpengaruh signifikan terhadap Self Afficacy mahasiswa, baik secara parsial maupun secara simultan. Dengan memiliki Positive Self Concept dan Self Confident, maka seorang mahasiswa akan memiliki Self Efficacy untuk meraih prestasi dan mengejar kompetensi dibidangnya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Daniel Goleman. Emotional Intelligence. Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. 2019. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Rhenald Kasali. Self Driving. 2019. Jakarta : Mizan
AYN Warsiki. Pengaruh Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis Kkni. Buletin Ekonomi. No 2, Tahun ketujuhbelas Oktober 2019
Dian Nur Baeti. Self Efficacy, Self Confidence, Dan Self Esteem Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding. ISBN : 978-623-94501-0-6
Esa Evioni1 , Bukhari Ahmad2. Harmalis. Hubungan antara konsep diri dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 5 Kerinci. Indonesian Journal of Counseling and Development Volume 4, Number 1, 2022, pp 31-43 ISSN: Print 2685-7375 – Online 2685-7367
Gloria A. Tangkeallo, Rijanto Purbojo, Kartika S. Sitorus. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi, Volume 10 Nomor 1, Juni 2014
Mar’i Ahmad Madhy, Annawati Dewi Purba, & Nafeesa. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa/i Stambuk 2019 Universitas Medan Area JOUSKA: Jurnal Ilmiah Psjikologi, 1(1) 2022: 16-24
Rajip Sidik1, Muh. Yazid Gandi2 Pengaruh Self-Concept Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 7 Juli 2021. P-ISSN : 2745-7141 E-ISSN : 2746-1920
Ruben Letlora, Nur Anisah, Ignatius Djuniarto. Pengaruh Self-Awareness Dan Self-Image Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan(D3). [Mahesa: Malahayati Health Student Journal, P- Issn: 2746-198x E-Issn 2746-3486 Volume 3, Nomor 1, 2023] Hal 171-181
Sofwan Adiputra. Keterkaitan Self Efficacy Dan Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 2, Agustus 2015 Hlm. 151-161