Pemetaan dan Analisis Kematangan Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Menggunakan COBIT 5 (Studi Kasus di STIKI Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Amelia Arta Aisyah Koko Wahyu Prasetyo

Abstract

Dengan bertambahnya jumlah program studi dan mahasiswa di STIKI Malang tersebut, pihak manajemen akademik harus pula meningkatkan kualitas layanan informasi akademik. STIKI Malang membutuhkan pola tata kelola yang optimal, sehingga tata kelola sistem informasi dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Penerapan COBIT 5 memungkinkan organisasi tersebut untuk mengelola layanan informasi akademik secara holistik. Terlebih pada kegiatan perwalian di awal semester, konsistensi tata kelola organisasi sangat diperlukan. COBIT 5 bersifat generik dan dapat diterapkan di berbagai organisasi, baik komersial, nirlaba, atau sektor pubik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kematangan tata kelola Sistem Informasi Akademik yang ada di STIKI Malang dengan melakukan pemetaan terhadap COBIT 5. Aktivitas penelitian ini mencakup pengukuran kematangan capability level pada tata kelola sistem informasi yang ada di STIKI Malang. Hasil penelitian capability level terhadap 9 proses menunjukkan terdapat 6 proses dengan kematangan level 1 dan ada 3 proses dengan kematangan level 0. Tingkat capability level tersebut menunjukkan bahwa tata kelola di STIKI sudah relevan sesuai dengan kerangka COBIT 5, namun masih perlu dilakukan penataan tata kelola aktivitas bisnis secara lebih terpola dan konsisten.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Hardinata, R. S. (2019). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Cobit 5 (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Teknik dan Informatika, 6(1), 42-45.
ISACA. (2012). COBIT 5: A business framework for the governance and management of enterprise IT. Isaca.
Ludeman, R. B. (1998). World Declaration on Higher Education for the Twenty-first Century: Vision and Action and Framework for Priority Action for Change and Development in Higher Education.
Prasetyo, K. W. (2018). Analisis Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi Manajemen Kinerja Internal Perguruan Tinggi Di STIKI Malang. Jurnal Dinamika Dotcom, 9(1).
Purnomo, H. (2017). Penilaian Tingkat Kapabilitas Proses Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Cobit 5 Pada Domain Edm (Studi Kasus Di Pt. Nusa Halmahera Minerals) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Wella, W., & Tampi, A. (2017). Tingkat Kapabilitas Tata Kelola TI Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sam Ratulangi. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 8(1), 9-14.
Yunis, R., & Elly, E. (2021). Penilaian Kapabilitas Tata Kelola TI Perguruan Tinggi dengan Framework COBIT 5 dan ITIL V3. Jurnal SIFO Mikroskil, 22(1), 33-46.