Pengembangan Fitur Sentra Kependudukan, Bansos dan Pembayaran Sistem Informasi Pelayanan INISA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Stephanus Dhimas Hulio Yekti Asmoro Kanthi Hilman Nuril Hadi Dedy Ari Purnomo

Abstract

Pelayanan publik dapat diartikan sebagai penyelenggara pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Salah satu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah administrasi kependudukan dan bantuan sosial. Ini Saja untuk Indonesia (INISA) adalah platform nasional yang hadir untuk mendukung transformasi digital Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. INISA dilengkapi dengan berbagai layanan publik seperti Sentra Kependudukan, Sentra Pajak, Sentra Wisata, Sentra Tagihan. Namun INISA sendiri masih dalam tahap pengembangan dan INISA belum memiliki fungsi sentra kependudukan, antara lain pembuatan dokumen kependudukan seperti akte kelahiran, kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan kartu catatan sipil seperti kartu keluarga (KK). INISA belum memiliki fitur bantuan sosial dan masih memiliki satu metode pembayaran. Artikel ini bertujuan untuk melakukan pengembangan fitur sentra kependudukan, bantuan sosial dan tambahan pilihan metode pembayaran menggunakan Yukk Wallet pada sistem informasi pelayanan INISA. Artikel ini membahas metode penelitian, implementasi pengujian dan pembahasan terkait hasil pengembangan fitur tambahan pada INISA.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Aditama, R., Anita, & Cahyadiana, W. (2022). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Mitra Delima Information System For Evaluating Employee Performance At Mitra Delima General Hospital. 10, 171–180.
Diana, D., & Seprina, I. (2019). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Menerapkan Weighted Product Method (WPM). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5(3), 370. https://doi.org/10.26418/jp.v5i3.34971
Jainuri, Nurasiah, & Hermilasari, Y. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Mobile Point Of Sale Pada Outlet Makaroni Judes Berbasis Android. 15(10), 4–10.
Pratama, A. R., Anita, & Sugeng Widodo. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Event Kampung Budaya Polowijen. J-Intech, 10(1), 10–20. https://doi.org/10.32664/j-intech.v10i1.673
Reza, F., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi E-Smile (Elektronic Service Mobile) (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 56–65.
Rouf, A., & Eko, R. (2012). Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box dan Back Box. vol 8 no1, 1–7.
Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi Rani. 14, 41–46.
Triningsih, A. (2018). Implementasi Pelayanan Publik Dalam penerbitan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Blitar. 3–8.