Pengembangan Sistem Informasi Front Office Hotel dan Kost D’Hotel S9 Guna mempercepat Layanan Pelanggan

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Bella Widyasari Anita Anita Chaulina Alfianti Oktavia

Abstract

D’hotel S9 Malang merupakan tempat penginapan sekaligus tempat kost yang berada di area kota Malang. Lokasi D’hotel berada di antara beberapa kampus sehingga menjadi salah satu target mahasiswa maupun pengunjung untuk menginap. Dalam memberi layanan, D’Hotel belum menerapkan teknologi informasi secara optimal sehingga timbul beberapa masalah yang memberi dampak negatif bagi perusahaan. Beberapa permasalahan yang timbul adalah lambat dalam pelayanan check in maupun check out kamar Hotel, pemesanan kost, pembayaran uang kost dan pengelolaan tagihan kost. Oleh karena itu, melalui penelitian ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempercepat layanan check in, check out kamar, pemesanan kost, pembayaran maupun pengelolaan tagihan sehingga tidak mengalami kerugian. Sistem informasi yang dibangun berbasis web dengan menggunakan framework codeigniter 3.0 dan Mysql sebagai DBMS. Sistem yang dibangun telah lolos tahapan ujicoba dengan menggunakan metode black box sehingga setiap fitur yang ada telah berfungsi sesuai rancangan dan dapat memberi manfaat bagi pengguna, yaitu mempercepat dalam pendataan tamu dan mengetahui status kamar sehingga dapat mempercepat proses Check in, mempercepat proses pembayaran/check out, memudahkan calon penghuni kost dalam melihat dan memesan kamar kos, pembayaran maupun pengelolaan tagihan sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Mifta Sigit Rahmawati; Abdilah Rahmi Purnamasari. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penginapan berbasis desktop di penginapan A2HAY Sorong Papua Barat, 38-50.

Abdussamad, N., & Hasugian, L. P. (2019). Prototipe Sstem Informasi Reservasi Kos (Studi Kasus : Kos Wisma Cirebon Bandung). Jamika, 39-48.

Damayanti, R., & Wardati, I. U. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan dan Pembayaran Kamar pada Hotel Remaja Pacitan. Jurnal Evolusi, 11-19.

Muliadi, Andriani, M., & Irawan, H. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel berbasis Website (WEB) menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Jurnal Integrasi Sistem Industri, 111-122.

Prabowo, A., & Retnoningsih, E. (2017). Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Pada Hotel Posters MICE. Junal Mahasiswa Bina Insani, 147-160.

Rahmatillah, A., & Tomi Saputra, W. B. (2020). Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Web Studi Kasus Pada Paviliun Sejahtera. Explore, 102-109.