Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit pada Manula Menggunakan Metode Theorema Bayes Berbasis Web

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nira Radita Laila Isyriyah Donny Febrian Hardy Siti Aminah Subari Subari

Abstract

Kesehatan adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit. Setiap orang lanjut usia memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengidap berbagai penyakit dengan berbagai gejala yang berbeda-beda jika dibandingkan dengan usia lainnya. Melakukan pemeriksaan dasar ke rumah sakit untuk mengetahui jenis penyakit yang sedang dialami membutuhkan waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pakar berbasis web menggunakan metode theorema bayes sebagai diagnosis awal untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita dengan memasukkan gejala-gejala yang dialami. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk memudahkan seseorang untuk mengetahui diagnosa awal dari suatu penyakit yang diderita dengan gejala-gejala tertentu. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, sistem memiliki nilai akurasi 87% yang berarti bahwa sistem ini memiliki tingkat keakurasian yang cukup baik. Hasil yang ditampilkan oleh sistem adalah keputusan penyakit yang dialami, serta saran untuk pencegahannya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
bsi.today. (2023, April 25). Metode Waterfall. Retrieved from https://bsi.today/metode-waterfall/

Guntoro. (2023, Juni 15). Badoystudio. Retrieved from Metode Waterfall : Pengertian, Tahapan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan: https://badoystudio.com/metode-waterfall/

Hakim, M., & Rusdan. (2020). Sistem Pakar Hukum Tajwid pada Kitab Suci Al-Qur'an dengan Metode Forward Chaining. Teknimedia, 33-38.

Ibman Andika, Dewi Maharani, Mardalius. (2022). Penerapan Teorema Bayes pada Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Domba. edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 252 - 259.

Indonesia, R. (1992). Undang-Undang. Jakarta.

Levin, R.I., D.S. Rubin, J.P. Stinson, dan E. Garoner. (2002). Quantitative Approaches to Management (Seventh edition), terjemahan oleh Nartanto. Jakarta: PT. Raya Grafindo Pustaka.

Marlinda, L. (2021). Sistem Pakar Perancangan can Pembahasan; Metode Chaining, Certainty Faktor, Fuzzy Logik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

O. K., Dewi and A.S. Purnomo. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelamin Dengan Teorema Bayes. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 257-267.

Suprihanto, Awaludin, I., Fadhil, M., & Zulfikor, M. (2022). Analisis Kinerja ResNet-50 dalam Klasifikasi Penyakit pada Daun Kopi Robusta. Jurnal Informatika, 116-122.

Suryanto, A., Alfarobi, I., Tutupoly, T., & Fauziahti, R. (2019). Optimasi Naive Bayes Menggunakan Optimize Weights dan stratified pada Data Kredit Koperasi. Jurnal Mantik Penusa, 211-219.