Evaluasi Faktor Penggunaan Sistem dan Kepuasan Pengguna Shopee Paylater
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Shopee Paylater adalah salah satu metode pembayaran yang diluncurkan oleh Shopee pada 6 Maret 2019. Shopee PayLater memungkinkan pengguna untuk berbelanja sekarang dan membayar nanti dengan cicilan tanpa kartu kredit di platform Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan intensitas penggunaan sistem Shopee Paylater berdasarkan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan yang dianalisis menggunakan metode analisis jalur. Penelitian ini berfokus pada pengguna Shopee Paylater di wilayah Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis jalur, serta alat uji analisis menggunakan SPSS 22. Didapatkan hasil penelitian bahwa kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, namun tidak berpengaruh langsung terhadap intensi penggunaan sistem. Sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, namun berpengaruh langsung terhadap intensi penggunaan sistem.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Adawiyah, R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Citra Merek Terhadap Impulsive Buying Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Paylater di Malang.
Amanda Putri, N. L., & Puspawati, D. (2024). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Kualitas Sistem Terhadap Continuance Intention dalam Penggunaan Mobile Banking Melalui E-Satisfaction. Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 2 Page 8816-8828.
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), Vol. 4 No. 1 April 2021.
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnawi, M. F. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem: Studi Kasus Pada Bagian Operasional VSAT IP PT. Semesta Citra Media. STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Asyifa, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya.
Bawden, D., & Robinson, L. (2012). Introduction to Information Science. Facet Publishing.
Chaffey, D. (2002). E-Business and E-Commerce Management. Pearson Education.
Chaffey, D., & Hemphill , T. (2021). Digital Business and E-Commerce Management. Pearson.
Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 16.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Taylor & Francis.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. ournal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
H, S., & S., R. N. (2018). The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction, Customer Loyalty and Brand Image: Evidence from Hotel Industry of Pakistan. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 417-438.
Inggit, C. A., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Linkaja. e-Proceeding of Management, 6662-6630.
Kalakota, R., & Whinston, A. B. (1997). Electronic Commerce: A Manager's Guide. Boston: Addison-Wesley Publishing Company.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (1998). E-commerce: Business, Technology, Society. Addison-Wesley.
Mayseptyana, A., Rahman, A., & Rochyana , M. F. (2024). Peran Intensi Penggunaan Dan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Kesuksesan Transformasi Digital Pembelajaran Asinkronus Dalam Meningkatkan Kompetensi Sdm Transportasi Laut. Indonesian Journal of Port and Shipping Management, 25-35.
Nafisah, S., & Muhammad, S. A. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Pengguna Shopee Pay Later Menggunakan Delone & McLean Model. Djtechno : Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2023.
Nelson, R. R., Todd, P. A., & Wixom, B. H. (2014). Antecedents of Information and System Quality: An Empirical Examination Within The Context of Data Warehousing. Journal of Management Information Systems , 199-235.
Perks, H., & Ha, H. -Y. (2005). Effects of Consumer Perceptions of Brand Experience on the Web: Brand Familiarity, Satisfaction and Brand Trust. Journal of Consumer behavior, 4(6), 438-452.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan . Jurnal SNEMA-Padang-Indonesia, 344-352.
Rismayadi, A. A., Dewi, D. K., & Anshor, I. F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna ShopeePayLater Menggunakan Model Delone & McLean. Jurnal Responsif, Vol. 2 No.2 Agustus 2020, pp. 191~197.
Sartika, D., & Mulyana, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen ShopeePayLater di Pekanbaru. Jurnal Manajemen UST, Vol 14 No 1 (2024): 115 - 127.
Satriyono, G., Rukmini, M., S.R., E. P., & Kristina, N. D. (2022). Analisa Kepuasan Pengguna ShopeePayLater Menggunakan Model Delone & Mclean. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 3(5) 2022 : 2849-2954.
Schneider, G. (2018). Electronic Commerce. Cengage Learning.
Silaban, N. I. (2022). Analisis Sistem E-Wallet Menggunakan D&M Model Success Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Pada ShopeePaylater).
Sinambela, L. P. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teoritik dan Praktik. PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tavana, M., Kennedy, D. T., & Rappaport, D. R. (2023). Evaluating information system success models: A meta-analysis. Decision Support Systems, 157, 113756.
Urbach, N., & Müller, B. (2021). The updated DeLone and McLean model of information systems success. Information Systems Research, 31(3), 830-848.
Wang, J., & Wang, X. (2012). Structural Equation Modeling With Mplus: Basic Concepts, Applications, and Programming. New York: Routledge.
Yin, R. K. (1984). Case Study Research: Design and Methods. Amerika Serikat: Sage Publications.