Development Of An Information And Academic Service System With Chatbot Feature Using Dialogflow
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Chatbot telah menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menyediakan layanan informasi dan akademik secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan fitur chatbot berbasis website untuk pelayanan informasi dan akademik di Kabupaten Trenggalek. Pembuatan chatbot memanfaatkan platform dialogflow untuk pemahaman bahasa alami dan pemberian jawaban yang tepat. Data layanan informasi dan akademik terkait sekolah di Kabupaten Trenggalek diintegrasikan ke dalam sistem dan penambahan fitur chatbot, sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Pengujian black box pada sistem chatbot dilakukan untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan baik. Selain dilakukan pengujian black box, untuk memperkuat hasil implementasi chatbot, dilakukan juga pengujian User Acceptance Testing. UAT dilakukan dengan melibatkan 40 responden warga masyarakat sebagai representasi pengguna potensial chatbot dengan 20 pertanyaan yang mengacu pada penggunaan fitur fitur yang berada pada chatbot dan website. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 93%, yang menandakan penerimaan yang tinggi dan kepuasan pengguna terhadap chatbot. Dengan adanya chatbot ini, masyarakat Kabupaten Trenggalek dapat dengan mudah memperoleh informasi terkini tentang acara, berita, lokasi, dan layanan akademik yang tersedia. Chatbot juga dapat mengurangi beban petugas dalam memberikan informasi kepada pengguna.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
[2] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.
[3] R. N. Astuti and M. Fatchan, “Perancangan Aplikasi Teknologi Chatbot UntukIndustri Komersial 4.0,” Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 339–348, 2019.
[4] M. Muliyono and S. Sumijan, “Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 142–147, 2021, doi: 10.37034/infeb.v3i4.102.
[5] M. Mashud and W. Wisda, “Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, p. 99, 2019, doi: 10.35585/inspir.v9i2.2497.
[6] J. Christian et al., “CLOUD REMOVAL MENGGUNAKAN METODE INTERPOLASI PADA CITRA LANDSAT 8,” pp. 2–5, 2016.
[7] H. Hendri, “Implementasi Chatbot Untuk Laporan Bug / Error Reporting Dengan Natural Languange Processing (Studi Kasus : CV. Solusi Prima),” J. Process., vol. 16, no. 2, p. 135, 2021, doi: 10.33998/processor.2021.16.2.1026.
[8] N. Cahya, A. Triayudi, and B. Benrahman, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Perancangan Chatbot Interaktif Menerapkan Metode Waterfall,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 273, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2623.
[9] D. W. Harahap and L. Fitria, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow,” J-ICOM - J. Inform. dan Teknol. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2020, doi: 10.33059/j-icom.v1i1.2796.
[10] R. Setyawan, R. M. Candra, E. P. Cynthia, F. Yanto, and M. Affandes, “Design Rancangan User Interface Aplikasi My Pets Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 6, p. 1874, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5305.
[11] P. E-commerce and C. A. Oktavia, “Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service,” vol. 4, no. 3, pp. 36–40, 2019.
[12] K. Aryasa and Y. Elly Kurniawan, “Implementasi Firebase Realtime Database Untuk Aplikasi Pemesanan Menu Berbasis Android,” Semin. Nas. Sist. Inf. dan Teknol. Inf. 2019, pp. 71–78, 2019.
[13] Z. M. Mubarok’s Families, “Perancangan Aplikasi Chatbot Berbasis Php Untuk Layanan Informasi Sekolah (Studi Kasus Smk Dwi Sejahtera Pekanbaru),” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 2, 2022, doi: 10.33372/stn.v8i2.880.
[14] N. Aini, S. A. Wicaksono, and I. Arwani, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada : SMK Negeri 11 Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8647–8655, 2019.
[15] B. Priyatna, A. Lia Hananto, M. Nova, P. Studi Sistem Informasi, and U. Buana Perjuangan Karawang, “Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development,” Systematics, vol. 2, no. 3, pp. 110–117, 2020.