Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Student Satisfaction Dan Student Loyalty (Studi Kasus pada ebelajar.stiki.ac.id)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Bagas Allbani Setiabudi Sakaria

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel System Quality, Information Quality, Service Quality, terhadap Student Loyalty melalui Student Satisfaction, dan pada ebelajar (http://ebelajar.stiki.ac.id). Populasi dari program studi STIKI yang terdiri dari Manajemen Informatika Sistem informasi, Teknik Informatika,, dan Desain Komunikasi Visual. Terdapat 100 responden yang berpartisipasi mengisi kuisioner melalui google form. Menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0 untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian baik System Quality, Information Quality dan Service Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap Student Satisfaction,, dan variabel Student Satisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap Student Loyalty. Keterbatasan hasil penelitian ini yaitu tidak dapat digeneralisasi dan dapat berubah jika jumlah partisipan akan semakin banyak. Dan belum diterapkanya efek variabel mediasi maupun moderasi untuk memperdalam pengaruhnya terhadap student loyalty.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Adesina, A. E. (2023). Enhancing Science Education with Learning Management System for Effective Learning Outcomes. Qeios. https://doi.org/10.32388/vurdu1
Anugraheni, T. D., Izzah, L., & Hadi, M. S. (2023). Increasing the Students’ Speaking Ability through Role-Playing with Slovin’s Formula Sample Size. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(3), 262–272. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.2825
Datareportal.com. (2023). Digital 2023: Data Reportal – Digital in Indonesia.” Retrieved December18, 2023. https://datareportal.com/digital-in-indonesia
Dayanti, S. R., & Ilham, R. (2022). Influence of E-Learning Service Quality on E-Learning Student Loyalty through E-Learning Student Satisfaction at University in East Java. Business and Finance Journal, 6(2).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Ezra, A., Sianturi, R., & Retnowardhani, A. (2022). Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Mahasiswa Pascasarjana Universitas Swasta Terbaik di Jakarta. ITEJ, 7(1).
Furadantin, N. R. (2018). Analisis_Data_Menggunakan_Aplikasi_Smart.
Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean.
Legramante, D., Azevedo, A., & Azevedo, J. M. (2023). Integration of the technology acceptance model and the information systems success model in the analysis of Moodle’s satisfaction and continuity of use. International Journal of Information and Learning Technology, 40(5), 467–484. https://doi.org/10.1108/IJILT-12-2022-0231
Meliyani, Supriyanto, & Muhammad Rahmattullah. (2019). PENGARUH PEMANFAATAN SIMARI SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1).
Nyoman Sri Putu Verawati, N. (2020). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram (JIIM) https Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran di Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 7(2), 2020.
Permana, A., Havidz Aima, M., Ariyanto, E., & Nurmahdi, A. (2020). The Effect Of Academic Service Quality On Satisfaction And Loyalty Of Students University. Jurnal Ecodemica, 4(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Prayoga, Y., & Pohan, M. Y. A. (2022). Electronic Word of Mouth (eWOM): Menguji Pengaruh Pengalaman Positif, Persepsi Kualitas dan Kepercayaan. Studi Kasus: Restoran di Labuhanbatu. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 283. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.393
Shkoukani, M. (2019). Explore the major characteristics of learning management systems and their impact on e-learning success. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(1), 296–301. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2019.0100139
Sukma Dinda, N., Fryonanda, H., & Kurniawan, R. (2022). Evaluasi Kesuksesan Aplikasi Moveaps Pada Pt. Pixel Research Evaluation Of The Successful Application Of Moveaps At Pt. Pixel Research. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 20(2), 61–74.
Widaningsih, S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus di Program Studi Teknik Informatika Universitas Suryakancana). In Media Jurnal Informatika (Vol. 6). http://ftunsur.ac.id/
Yurindera, N. (2021). PENGARUH EFEKTIVITAS E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI INSTITUT BISNIS NUSANTARA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(3).