Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Randika Muhammad Rizki Nira Radita Adnan Zulkarnain

Abstract

Saat ini, generasi muda suku Jawa banyak yang melupakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Anak-anak suku Jawa sekarang banyak yang menggunakan bahasa Jawa Ngoko terhadap siapapun. Alasan utama terjadinya hal tersebut adalah anak-anak saat ini tidak mengetahui kosa kata bahasa Jawa Krama Inggil dan lebih mengenal bahasa dari luar. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat menarik dan membantu dalam mempelajari bahasa Jawa dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode scrum yaitu framework untuk pengembangan software yang adaptif dan menghasilkan software yang sesuai kebutuhan pengguna. Pengujian blackbox dilakukan oleh peneliti dan melibatkan guru di sekolah dasar. Berdasarkan hasil sprint dan pengujian aplikasi yang telah dilakukan, peneliti telah membangun aplikasi pembelajaran bahasa Jawa berbasis android yang sesuai dengan kebutuhan dalam belajar dan melestarikan bahasa Jawa baik bahasa Jawa Ngoko maupun bahasa Jawa Krama Inggil. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu sebagai media pembelajaran bahasa Jawa Ngoko dan bahasa Jawa Krama Inggil untuk semua kalangan. Aplikasi Sinau Basa Jawa ini menjadi aplikasi yang menarik dan interaktif dalam belajar bahasa Jawa yang berisi materi bahasa Jawa Ngoko dan Krama Inggil, dan latihan soal. Latihan soal bahasa Jawa didalam aplikasi berbentuk kuis dengan soal acak dan terdapat skor yang dapat mengukur tingkat pemahaman bahasa Jawa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles
References
Fahrezi, A., Salam, F. N., Ibrahim, G. M., Syaiful, R. R., & Saifudin, A. (2022). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Inventori Barang Berbasis Web di PT. AINO Indonesia. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(01), 1–5.
Janeko, J., Na’im, M. A., Marzuqoh, E. L., & Nigtiaz, R. A. (2023). Pelestarian Bahasa Jawa Halus (Krama Inggil) pada Anak sebagai Bentuk Pemberdayaan Bahasa Lokal dan Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa di Desa Kedungbanjar Sambeng Lamongan. Santri: Journal of Student Engagement, 2(2), 30–44.
Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5829–5836.
Khafli, T. S., & Zulkarnain, A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Usaha Jasa Penggilingan Padi Gadung Dama. J-INTECH (Journal of Information and Technology), 10(2), 39–48.
Ni’mah, R. A., Agustin, R., Saifulloh, F., & Nasir, M. F. A. (2023). Penggunaan Metode Itik dalam Menghafal Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Daya Ingat siswa Kelas IV MI/SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI), 2(1), 13–21.
Nisa, K., Suyadi, S., & Mardiani, D. P. (2023). Habituasi Bahasa Krama Inggil dalam Membentuk Karakakter dan Moral Anak. CHILDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 1–19.
Roji, F. F., Shiddieq, D. F., Gusdiana, R., & Puspita, E. (2023). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Online (SIBIMO) dengan SCRUM Framework. Jurnal Algoritma, 20(2), 445–456.
Saniah, N., & Firdaus, F. (2023). Pola Komunikasi Pernikahan Antar Suku di Kecamatan Kualuh Hilir (Studi Kasus Suku Batak dan Jawa). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 10471–10485.
Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). Panduan Scrum. Diakses Tanggal, 2.
Syamsurijal, S., & Alboneh, N. K. (2023). Angelar Adil Pratama: Praksis Keadilan Dalam Moderasi Beragama Jejaring Wali Songo. Mimikri, 9(2), 235–252.
Warkim, W., Muslim, M. H., Harvianto, F., & Utama, S. (2020). Penerapan Metode SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Layanan Kawasan. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2).