Pelatihan Aksesibilitas Siswa Berkebutuhan Khusus untuk Guru pada KB- RA Terapi Tazkiyah Malang Berbasis Augmented Reality

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Subari Subari Adita Ayu Kusumasari Nira Radita

Abstract

KB-RA-TERAPI TAZKIYAH memiliki Kelompok Bermain (KB) yang setara dengan PAUD dengan jumlah 12 siswa, dengan rentang usia mulai 2 – 4 tahun, RA setara dengan TK terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A 15 siswa dengan rentang usia 4 – 5 tahun dan kelas B 35 siswa dengan rentang usia 5 - 7 tahun. KB-RA ini juga memberikan kesempatan bagi anak anak berkebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu, Attention Deficit Hyperactivity Disorder  (ADHD) atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk mendapatkan kesempatan yang sama belajar sehingga sekolah ini diberi nama KB-RA-TERAPI TAZKIYAH. Saat ini memiliki 10 ABK yang di rekomendasikan oleh Rumah Sakit Hermina Malang. Pengabdi ingin memberikan media pembelajaran yang bermanfaat bagi semua siswa, baik yang normal maupun yang berkebutuhan khusus. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan membuat media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada guru pengajar. Penerapan pelatihan ini untuk memudahkan guru dalam mengajar pada siswa yang memiliki perbedaan usia, kondisi siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus yang berada pada kelas yang sama dengan siswa yang lainnya. Metode yang diterapkan adalah ceramah, pelatihan dan keterampilan serta pendampingan. Metode ceramah dan keterampilan dipilih untuk memberikan wawasan dan kreatif serta dalam membuat media pembelajaran dengan bantuan aplikasi sebagai sarana dalam memotivasi dan memudahkan dalam menyampaikan informasi serta mengenalkan berbagai karakter pada siswa. Hasil yang diperoleh mitra dengan adanya kegiatan ini adalah: 1) Mendapatkan pengetahuan kreativitas dan keterampilan berbagai media pembelajaran dengan bantuan aplikasi, 2) Mitra mampu mengaplikasikan dalam pengajaran dengan beberapa alat bantu yang menarik menggunakan Media AR.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles