Desain Prototype Aplikasi Penyembuhan Stroke Melalui Gerak Menggunakan Kinect

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Inovency Permata Wibowo Hendry Setiawan Paulus Lucky Tirma Irawan

Abstract

Perkembangan gaya hidup pada era modern ini menyebabkan munculnya beragam serangan penyakit, mulai dari penyakit tidak menular hingga penyakit menular. Stroke merupakan salah satu contoh penyakit tidak menular yang tingkat pertumbuhannya tiap tahun bertambah terkait pola gaya hidup manusia di zaman modern ini. Stoke dibagi menjadi dua jenis gangguan fungsional tubuh, yaitu gangguan fungsional berat dan ringan. Penyembuhan stroke membutuhkan waktu yang tidak sedikit, diperlukan beragam terapi penyembuhan mulai dari obat kimia hingga latihan fisik. Dalam proses penyembuhan, penderita stroke memerlukan mobilitas yang masih cukup tinggi dimana menuntut penderita untuk datang kesuatu tempat terapi penyembuhan.
Untuk membantu memecahkan permasalahan terapi penyembuhan stroke, dibuatlah suatu desain prototype aplikasi penyembuhan stroke. Desain prototype aplikasi akan mengakomodasi sebanyak tujuh gerakan terapi meliputi gerak bagian tangan, bahu dan kepala. Pencatatan repitisi pada tiap latihan gerakan akan dilakukan oleh aplikasi seteleh mencapai durasi waktu gerakan minimal tiga detik. Uji coba desain prototype aplikasi telah dilakukan kepada sepuluh orang pengguna dan didapatkan prosentase keberhasilan sebesar 100%. Nilai prosentase tersebut merepresentasikan bahwa ketujuh gerakan terapi telah berhasil terdeteksi oleh desain prototype aplikasi penyembuhan stroke yang dibuat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles