Penyelesaian Fill-In Puzzle Dengan Algoritma Genetika

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Danang Arbian Sulistyo Gunawan Gunawan

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang pembuatan solver untuk menyelesaikan sebuah permainan Fill – In Puzzle. Tahapan – tahapan dan proses pada penelitian ini adalah dengan membaca template dan value yang sudah ditetapkan untuk kemudian dikodekan dalam bentuk grid pada program yang ada. Setelah melewati proses tersebut kita bisa menentukan nilai populasi awal yang akan dibuat, semakin besar nilai populasi awal yang akan dibuat, maka nilai random juga akan semakin besar sehingga mempengaruhi proses seleksi entity yang akan di crossover. Perhitungan nilai fitness disini dibagi menjadi 2, yaitu pPada tingkat gen, perhitungan nilai fitness dilakukan dengan cara pemberian nilai atau score pada tiap gen yang ada, jika nilainya lebih besar dari 1 maka nantinya gen tersebut akan ditukar tempat dengan gen yang lain. Sedangkan pada tingkat kromosom nilai fitness yang dihitung adalah jumlah seluruh titik potong yang benar dibagi dengan jumlah keseluruhan titik potong yang ada

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles