Perancangan Sistem Informasi Media Pembelajaran Pramuka Berbasis Mobile Apps di Kwarcab Klungkung

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Kadek Partha Wijaya

Abstract

Pramuka adalah sebuah ekstrakurikuler wajib yang ada disetiap sekolah di Indonesia, dan disetiap sekolahpun pasti memiliki kendala dalam mengikuti segala kegiatan Pramuka, salah satu permasalahan yang ditemui adalah susahnya mempelajari materi-materi Pramuka. Karena kendala pada siswa di Kwarcab Klungkung yang mengikuti Pramuka dan ingin mempelajari materi Pramuka hanya bisa mempelajari melalui buku dan website yang belum tentu ingin dibuka karena keterbatasan mediasi yang disediakan. Penerapan sistem informasi media pembelajaran Pramuka berbasis mobile apps di Kwarcab Klungkung ini bertujuan untuk memberikan sebuah mediasi dan ilustrasi yang menarik untuk dipelajari dengan menyediakan materi yang cukup padat dan jelas untuk dipelajari secara offline, materi yang dapat diakses oleh user adalah materi kode kehormatan, kepramukaan, tanda pengenal pramuka, semaphore, morse, talitemali, menaksir, survival dan P3K, sehingga siswa dapat mempelajari materi dengan asik dengan hanya menggunakan smartphone mereka dan akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Perancangan sistem ini menggunakan metode waterfall dan dirancang dengan menggunakan ionic framework. Hasil penelitian didapatkan melalui hasil kuesioner yang dapat disimpulkan bahwa sistem informasi media pembelajaran Pramuka berbasis mobile apps di Kwarcab Klungkung dapat membantu siswa dalam mempelajari materi Pramuka dengan lebih efektif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles