Penerapan Data Mining menggunakan Association Rules untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Nusantara PGRI Kediri
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Persaingan di dalam dunia bisnis ini sangat ketat , khususnya dalam mempromosikan perguruan tinggi. Setiap kampus berusaha memberikan fasilitas yang terbaik. Oleh karena itu setiap kampus berusaha mencari strategi yang tepat untuk mempromosikan kampusnya. Menurut para pengembang untuk menemukan suatu strategi yang dapat menentukan strategi pemasaran dalam mempromosikan perguruan tinggi dengan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu teknik yang dipakai dalam penerapan Data Mining adalah di dalam bidang promosi. Bila sasaran promosi tidak ditentukan secara baik, dalam arti tidak diupayakan mencari sasaran promosi yang potensial, maka hanya akan menghabiskan banyak waktu dan biaya yang seharusnya bisa diminimalisir melalui pemilihan target promosi yang baik. Penelitian kali ini akan mengimplementasikan metode Association Rule Apriori dalam menganaliasa hubungan daerah dan minat mahasiswa terhadap suatu prodi pada Universitas Nusantara PGRI Kediri, sehingga dapat memberikan rekomendasi wilayah promosi.