Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Teknik Informatika

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lilis Widayanti Puji Subekti

Abstract

Efektivitas pendekatan problem based learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran telah banyak dikaji dalam penelitian terdahulu. Antara lain guna meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa program studi teknik informatika. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 30 mahasiswa kelas Statistika dan Probabilitas semester genap 2016/2017. Tindakan yang dilakukan berdasarkan Kemmis dan Taggart adalah (1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes pemahaman konsep. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles