Analisa Technological Content Knowledge dengan menggunakan Structural Equation Modeling
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Technological Content Knowledge (TCK) adalah pengetahuan tentang bagaimana suatu konten dapat diteliti atau diwakili oleh teknologi seperti menggunakan simulasi komputer untuk mewakili dan mempelajari pergerakan kerak bumi (Cox & Graham, 2009; Mishra & Koehler, 2006; Shulman, 1986). Hal tersebut perlu dimiliki oleh guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar ke siswa. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap suatu model TCK yang dapat menggambarkan hubungan antar variabel-variabel laten pembentuknya antara lain Technological Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), dan Technological Content Knowledge (TCK), Pengujian yang dilakukan dalam hal ini bermanfaat dalam memberikan informasi (information) dan pengetahuan (knowledge) mengenai variabel mana yang paling berpengaruh dalam TCK pada obyek penelitian ini yaitu guru pengajar mata pelajaran TIK di kabupaten Pasuruan. Tahapan yang dilalui mulai dari proses observasi dan survey, kemudian pembuatan kuesioner sebagai indikator dari variabel laten pembentuk model TCK. Kemudian dari hasil kuesioner yang terkumpul akan dihitung dan dianalisa dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memberikan kontribusi terbesar pada model TCK yaitu variabel content knowledge dengan peran indikator yang memberikan kontribusi terbesar berupa materi subjek pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi.