Perbandingan Perhitungan Matematis Dan SPSS Analisis Regresi Linear Studi Kasus (Pengaruh IQ Mahasiswa Terhadap IPK)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Puji Subekti

Abstract

Matematika banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penyelesaian peermasalahan dapat berupa bentuk hasil matematis dan menggunakan software. Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan software dalam melakukan analisis penelitianya namun tidak mengetahui perhitunganya secara matematis/manual.
Sehubungan dengan hal tersebut penulis mengambil permasalahan tentang perbandingan perhitungan matematis dan SPSS analisis regresi linear. Studi kasus dalam penulisan ini adalah pengaruh nilai IQ mahasiswa terhadap nilai IPK.
Persamaan model regresi linear yang di dapatkan adalah π‘Œ=βˆ’0,8379544+0,03083456𝑋+𝑒
Persamaan tersebut mempunyai arti bahwa koefisien IQ mahasiswa memberikan dampak yang positif terhadap IPK sebesar 0,03083456. Jika IQ mahasiswa meningkat sebesar 1 satuan, maka IPK mahasiswa juga akan meningkat sebesar 0,03083456. Dengan kata lain jika IQ mahasiswa tinggi atau meningkat maka nilai IPK mahasiswa juga akan meningkat. Sedangkan konstanta 1 sebesar βˆ’0,8379544 mempunyai arti apabila IQ mahasiswa sama dengan nol ( tidak ada perubahan), maka IPK mahasiswa menurun sebesar βˆ’0,8379544. Hasil yang di dapatkan menggunakan software SPSS dan perhitungan matematis menunjukkan angka yang signifikan mendekati kesamaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles