Template Matching Pada Citra E-KTP Indonesia

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sugeng Widodo Gunawan Gunawan

Abstract

Penelitian ini berisi tentang ekstrasi tulisan pada E-KTP Indonesia, dan kemudian menyimpan hasil ekstrasi ke dalam database. Citra E-KTP diambil menggunakan alat digitasi seperti scanner, kemudian diolah menggunakan Template Matching.
Tahapan yang ada pada penelitian ini adalah membaca citra, dilakukan preprocessing, kemudian dilakukan ektraksi tulisan, dan selanjutnya menyimpan hasil ekstraksi tulisan ke dalam database. Preprocessing yang dilakukan dimulai dari binerisasi image menggunakan Otsu Threshold, kemudian melakukan segmentasi baris dengan diawali proses Run-Length Smoothing Algorithm, kemudian dilakukan segmentasi karakter.
Proses selanjutnya adalah melakukan template matching, dengan diawali mengambil karakter yang akan dicari dari E-KTP. Berdasarkan pada karakter tersebut kemudian diambil citra template. Citra template disesuaikan dengan tinggi karakter yang dicari, dan dilakukan resize citra template. Citra yang telah diresize kemudian dilakukan perbandingan jumlah dari selisih nilai piksel dari karakter-karakter yang ada pada template dengan karakter yang akan dicari. Nilai jumlah selisih piksel yang paling rendah digunakan sebagai posisi terbaik untuk digabungkan dengan hasil keseluruhan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles