Penerapan Algoritma Nearest Neighbor Untuk Menentukan Rekomendasi Solusi Terhadap Layanan Kantor Teknologi Informasi STIKI Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yosua Kristanto Diah Arifah Prastiningtyas Meivi Kartikasari

Abstract

Knowledgebase adalah sebuah sistem yang terdiri dari heuristik sejumlah rule-rule / aturan-aturan yang tersusun secara sistemtis dan spesifik, juga relasi antara data dan aturan / rule dalam pengambilan kesimpulan. Dengan adanya knowledgebase pengetahuan yang dimiliki para pakar akan tetap terjaga dan dapat disalurkan kepada rekan kerja yang lain pada saat seorang pakar sudah tidak lagi bekerja atau berada pada instansi atau divisi terkatit. Untuk mendukung sistem dalam menentukan rekomendasi solusi penanganan terhadap layanan Kantor Teknologi Informasi STIKI Malang digunakan algoritma Nearest Neighbor. Algoritma Nearest Neighbor merupakan teknik sederhana untuk mencari jarak terdekat dari tiap-tiap kasus (cases) yang ada didalam database, dan seberapa mirip ukuran kemiripan (similarity) setiap source case yang ada didalam database dengan target case. Dalam pengujian algoritma Nearest Neighbor untuk menentukan rekomendasi solusi penanganan, dilakukan sampling terhadap data keluhan yang masuk ke KTI STIKI Malang. Penulis berharap dengan diterapkannya algoritma Nearest Neighbor ini dapat memperoleh tingkat akurasi yang cukup kuat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Section
Articles